Musprov IV Persinas ASAD Sulsel Fokus Peningkatan Prestasi Atlet

Musprov IV Persinas ASAD Sulawesi Selatan, Sabtu (20/3/2021)

MAKASSAR, DAERAHTERKINI.com – Kepengurusan Perguruan Silat Nasional (Persinas) ASAD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk periode 2015-2020 telah berakhir, untuk itu dilaksanakan Musyawarah Provinsi (Musprov) IV guna memilih kepengurusan yang baru periode 2021-2026. Hal itu diungkapkan Ambo Tang ST selaku Ketua Panitia Musprov.

Musprov IV digelar dengan tema “Berjiwa Besar Jadi Pendekar, Berbudi Luhur Nasihat Leluhur”, Sabtu (20/3/2021). Agenda lima tahunan ini untuk memilih ketua dan kepengurusan baru periode 2021-2026.

Musprov dilaksanakan secara luring dengan studio utama di Hotel Grand Town Makassar dan 20 pengurus kabupaten/kota mengikuti melalui daring. Turut memantau secara daring Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persinas ASAD Brigjen TNI (Purn) H Agus Susarso.

Ketua Dispora Sulsel yang diwakili oleh Kasi Pengembangan Prestasi membuka Musprov IV Persinas ASAD Sulsel. “Persinas ASAD ke depan diminta untuk lebih baik lagi di dalam memberikan kontribusi prestasi pesilat untuk Sulawesi Selatan,” tutur Ambo mengutip pesan yang disampaikan Ketua Dispora Sulsel.

Turut hadir secara luring pengurus harian, Ketua Harian IPSI Provinsi Sulsel Dr H Nuhrawi MKes, Ketua IPSI Kota Makassar Drs H M Yunus, dan sebelas perguruan di Kota Makassar di antaranya Tapak Suci, KPS Nusantara, Perisai Diri, Perisai Putih, Rajawali, IPSAS, Budi Sakti, IKSPI, dan Pagar Nusa.

Berdasarkan hasil Musprov IV, AKP H Juhadi Basuwono SH Kembali terpilih menjadi Ketua Pengprov Persinas ASAD Provinsi Sulsel periode 2021-2026.

Program Pasca Musprov IV

Pasca Musprov IV ini, kata Ambo, ke depan Pengprov Persinas ASAD akan meningkatkan kinerja para pelatih dengan melaksanakan training of trainer (TOT) pelatih. Kedua, melakukan pembinaan usia dini dalam rangka mencetak atlet pra remaja dan remaja sehingga bisa berprestasi di kejuaraan tingkat kabupaten/kota maupun provinsi.

“Selain itu kita juga akan membenahi program kerja yang kita evaluasi dari periode yang lalu terutama dalam pembinaan prestasi dan program kepelatihan,” kata Sekretaris Pengprov Persinas ASAD Sulsel ini.

Lebih jauh Ambo berharap, target kita ke depannya bagaimana mencetak atlet ini bukan hanya juara di tingkat kabupaten/kota atau provinsi, namun bisa menembus tingkat nasional.

Adapun pembinaan atlet selama pandemi, karena segala kegiatan dibatasi, namun di beberapa kabupaten/kota yang sekiranya tidak terlalu terdampak tetap melaksanakan latihan sebagaimana mestinya.

“Alhamdulillah, dua bulan terakhir ini kegiatan silat sudah mulai menggeliat lagi. Mulai hari Minggu sudah berlangsung seleksi pelajar dalam rangka menghadapi Popnas 2021 di Palembang,” urainya saat dikonfirmasi, Minggu (21/3/2021).

Sementara itu, hubungan Persinas ASAD dengan perguruan di Sulawesi Selatan terjalin sangat baik.

“Terbukti dalam setiap kegiatan masing-masing perguruan, kami pun turut andil. Begitu pula dalam kepengurusan IPSI Kabupaten/Kota dan Provinsi, ada beberapa pengurus Persinas ASAD Kabupaten/Kota dan Provinsi yang juga menjadi pengurus IPSI,” pungkasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *